Berlari tidak hanya sebatas berolahraga, seperti yang dilakukan komunitas “Run Toraja” dalam mewujudkan bentuk cinta lingkungan mereka dengan memunguti sampah plastik di Gunung Sopai, Toraja Utara pada Minggu (30/5/2021).

Kegiatan olahraga mingguan komunitas Run Toraja yang bertajuk Sunday Morning Trail Adventurebagcrue ini berhasil mengumpulkan 18 kantong sampah dari Gunung Sopai.

Kegiatan ini mereka mulai pukul 05.30 WITA dari jembatan Alang-alang ke arah Kanuruan lalu memulai pendakian ke puncak.

Setelah menikmati panorama spektakuler gunung Sopai yang dikelilingi awan tebal, peserta kemudian mengumpulkan sampah plastik yang berserahkan mengotori destinasi wisata alam yang saat ini tengah viral.

Sebanyak 14 orang anggota Run Toraja berhasil mengumpulkan 18 kantong sampah. Dua kantong diantaranya dikumpulkan kelompok pendaki asal Kota Palopo yang tergerak ikut memunguti sampah.

“Kami berharap Run Toraja tidak hanya dikenal sebagai komunitas lari yang mengajak masyarakat Toraja untuk berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat namun lebih dari itu bisa juga menjadi inspirasi dengan melakukan hal-hal bermanfaat seperti turut serta dalam kampanye #adventurebagcrew,” ucap Roni T. P. yang merupakan kapten komunitas Run Toraja.

Adventurebagcrew merupakan kampanye yang dilakukan para pencinta alam di media sosial dalam menjaga kelestarian lingkungan. Konsep kampanye ini yaitu one adventure = one adventure bag of trash, dimana para petualang diajak mengumpulkan setidaknya satu kantong sampah saat menjelajah.

Yaya Rundupadang, salah satu anggota komuniats Run Toraja mengungkapkan pentingnya kesadaran wisatawan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Kita bersyukur dengan banyaknya wisatawan domestik ke Toraja Utara yang mengunjungi destinasi wisata alam menikmati sunrise, awan, udara bersih pegunungan Sesean, Lolai, Sopai, Sarira, Parimata, Buntu Karua, akan tetapi wisatawan diharapkan menjaga kelestarian lingkungan dengan membawa kembali setiap bungkus makanan atau botol air kemasan kembali dari gunung, dan berupaya menjalankan gaya hidup bijak plastik dengan 3R Reuse, Reduce, Recycle serta memilah sampah organik dan nonorganik,” ungkap Yaya.

Run Toraja sendiri merupakan komunitas lari yang beranggotakan pelajar, mahasiswa, dan pekerja dari berbagai profesi yang ada di dalam maupun di luar Toraja.

Komunitas ini rutin mengadakan Sunday Morning Run di berbagai jalur baik di jalan raya atau trail running ke gunung. Setiap sore komunitas ini menggelar latihan di Lapangan Kodim Rantepao dan sekitarnya.

[mashshare]

Tags: , , , , , , , , , ,