INFOTORAJA.COM, TIKALA – Adu kerbau atau dalam bahasa Toraja disebut “Tedong Silaga” kembali jadi sorotan saat perayaan natal Karang Taruna “Marimbunna” Kelurahan Tikala, Kecamatan Tikala, Toraja Utara, Sabtu (2/12/2017) malam.

Ketua Karang Taruna Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, hadir langsung dan ikut dalam ibadah Natal yang dipimpin Pdt. Mery Tulak.

“Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Berperintah dalam Hatimu, dan anggota Karang Taruna harus jadi batu karang yang teguh, seperti firman Tuhan,” ujar Pdt. Mery Tulak, dalam khotbahnya.

Karang Taruna “Marimbunna” Tikala juga mengadakan lomba olahraga dan seni, Rabu sampai Jumat (29/11 – 1/12/2017).

Wakil Bupati Toraja Utara sekaligus Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, S.T. menghadiri Ibadah Natal Bersama

Tampak pula dalam ibadah tersebut dihadiri oleh Camat Tikala, Yeremia Batara Tandi, Lurah Tikala, Yunus Lobo’ Kebo, dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Tikala, Martinus Tandirura Pasalli.

“Dengan tema Natal Nasional tahun ini, yaitu Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Berperintah dalam Hatimu, mengajak kita semua untuk menjadi pembawa Damai bagi orang-orang disekitar kita, harapan saya kepada generasi Muda khususnya Karang Taruna menjadi contoh dan pelopor membawa kedamaian di sekitarnya”, tambah Pdt. Mery Tulak.

Didalam sambutannya, Yosia Rinto Kadang, yang juga Wakil Bupati Toraja Utara menegaskan bahwa generasi Muda Karang Taruna harus menciptakan kedamaian serta mengandalkan Tuhan didalam kehidupannya.

“di dalam menciptakan kedamaian, berasal dari keluarga kecil kita, zaman sekarang, tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi yang tercipta di keluarga kecil kita sudah sangat miris, handphone salah satu sebabnya, masing-masing anggota keluarga sibuk dengan media sosial masing-masing,” kata Yosia Rinto Kadang.

untuk itu, didalam kesempatan kali ini, Rinto mengingatkan kepada kita semua sebagai pelopor kedamaian, agar pentingnya menggunakan waktu untuk keluarga yang optimal demi terciptanya serta menjaga keharmonisan dan kedamaian dalam keluarga.

“Selain itu, saya mengingatkan kepada kita semua sebagai orang tua akan pentingnya masa depan anak-anak kita. Dalam kesempatan kali ini juga, saya menegaskan kepada orang tua, janganlah merusak masa depan generasi muda kita dengan kegiatan yang sangat merugikan bagi anak-anak kita. seperti menjaga kerbau petarung dan mengizinkan anak kita terlibat didalam kegiatan adu kerbau yang tidak sesuai dengan adat istiadat kita, kalau ada anggota karang taruna ikut yang tidak sesuai aturan ritual adat, laporkan kesaya”, ungkap Rinto.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,