INFOTORAJA.COM, RANTEPAO – Senin (27/11/2017) pagi, bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Workshop Public Speaking yang dilaksanakan di ruang pola kantor bupati Toraja Utara.

Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara bekerjasama dengan UKI Jakarta, melaksanakan kegiatan training singkat public speaking agar seluruh jajaran pemerintahan yang ada di Kab. Toraja Utara dan pelajar di lingkup Toraja Utara bisa lebih luas pengetahuannya tentang public speaking, serta mengajak kepada semua yang hadir agar berani untuk tampil berbicara di depan umum.

Workshop public speaking ini merupakan salah satu dari program penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan oleh UKI Jakarta. Selain pelatihan, program studi ilmu komunikasi-FISIPOL UKI Jakarta mengadakan penelitian selama 7 hari di Kab. Toraja Utara, sejak tanggal 23 sampai 29 November 2017.

Dalam kegiatan ini turut hadir, Plt. Sekda Kab. Toraja Utara, Asisten III, Kepala OPD lingkup Toraja Utara/perwakilan, Camat lingkup Toraja Utara, para pejabat daerah, Ketua ilmu Komunikasi dari UKI Jakarta & rombongan, serta pelajar SMA yang ada di Toraja Utara.

Dalam sambutannya saat membuka workshop public speaking, bupati Toraja Utara menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini.

“Kegiatan ini adalah kesempatan bagi kita untuk menata dan mempersiapkan diri bagaimana berbicara di depan umum, serta melatih cara kita berbicara. Sebagai pejabat, diharapkan untuk selalu berbicara mengenai Kab. Toraja Utara dengan benar, artinya cara kita berbicara atau menyampaikannya sangat perlu untuk diperhatikan. Hidup tidak bisa tanpa berbicara. Berbicara adalah tampilan apa yang ada di dalam hati kita. Hari ini kita akan mempelajari serta mempraktekkan bagaimana cara kita berbicara yang baik dan benar di depan umum ”

“Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap kepada seluruh yang hadir, bisa memahami serta mempraktekkan apa yang akan dipelajari, supaya kedepannya, dengan ilmu public speaking yang kita dapat hari ini, bisa membawa dampak positif bagi kita semua terutama bagi Kab. Toraja Utara”. Tambah Kalatiku Paembonan

Senada dengan itu, Singgih Sasongko yang merupakan ketua ilmu komunikasi dari UKI Jakarta yang juga merupakan pelatih nasional public speaking di Indonesia, di sela-sela memberikan materi menegaskan bahwa public speaking bukanlah ceramah seperti yang dibayangkan oleh banyak orang.

“Public speaking bukanlah ceramah seperti yang dibayangkan oleh banyak orang. Artinya, kita harus aktif. Aktif dalam arti mau untuk berbicara di depan umum. Public Speaking diawali dengan kepercayaan diri yang besar. Public speaking adalah berbicara di depan umum dan itu sangat diperlukan, hanya dengan percaya diri, menguasai apa yang akan kita sampaikan itu merupakan modal utama dalam public speaking ”

“Jangan pernah mengatakan anda tidak bisa berbicara apalagi berbicara di depan umum. Karena public speaking bisa untuk semua, asalkan mau untuk belajar. Pembicara yang baik tidak terlahir begitu saja, tetapi lahir dari satu proses yang dinamakan belajar “. Jelas Singgih Sasongko

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Toraja Utara
Author : Swita Turalaki
Foto : Amos Rapang

[mashshare]

Tags: , , , , , , ,