INFOTORAJA.COM, MAKALE – Malam tahun baru berjalan dengan kodisi aman dan tertib di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (1/1/2018) kemarin.

Suasana aman ini berkat kesigapan dan kesiapsiagaan dari ratusan personel Kepolisian Resort (Polres) Tana Toraja.

“Secara umum kondisi Kamtibmas di Toraja saat malam tahun baru dalam situasi aman dan kondusif,” ujar Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto P. Sirait, kepada InfoToraja.Com, Rabu (3/1/2017) malam.

Meski puluhan ribu masyatakat turun ke beberapa titik perayaan pergantian tahun, personel Polres Tana Toraja melakukan pengaman secara persuasif terhadap krumunan massa ini.

Pusat malam tahun baru untuk Tana Toraja berlangsung di Taman Rakyat Makale, dengan pesta “Barattung” atau mirip letusan meriam yang barasal dari bambu.

“Terima kasih atas bantuan dari personel Kodim 1414 Tana Toraja yang juga ikut membantu kami bersama – sama menjaga suasana tahun baru ini,” ungkap AKBP Julianto Sirait.

Sementara pusat ibu kota Toraja Utara, Rantepao, dipenuhi puluhan ribu manusia saat menyambut tahun baru, Senin (1/1/2018) pukul 00:00 Wita.

Pantauan InfoToraja.Com, malam pergantian tahun ini disemarakkan dengan penuhnya langit Rantepao dan Makale dengan warna warni dari kembang api yang diletuskan masyarakat.

“Tahun ini komunitas kami memilih Toraja sebagai tempat melepas tahun 2017 dan menyambut tahun 2018 dan luar biasa keramaian di Toraja ini,” kata Wisatawan dari Pekanbaru, Fadli, disela pesta tahun baru.

Wisatawan pun tak ingin melepaskan moment gemerlapnya langit dan ramainya manusia di bundaran kandean dulang Rantepao, dengan melakukan selfie atau live melalui media sosial mereka.

Wisatawan asik mengabadikan momen malam pergantian tahun di Rantepao, Toraja Utara.

Wisatawan asik mengabadikan momen malam pergantian tahun di Rantepao, Toraja Utara.

Bukan hanya warna warni di langit, suara bising dari motor yang pawai dengan menggunakam knalpot racing pun terdengar menggaung setelah waktu menunjukkan pukul 00:00 Wita.

Saling memberi ucapan selamat tahun baru dan berpelukan juga nampak dilakukan masyarakat yang berkumpul dipusat kota Rantepao ini sebagai tanda ungkapan syukur mereka.

Bukan hanya pengunjung di bundaran bersejarah ini yang merayakan tahun baru ini, personel Polri yang bertugas menjaga keamanan juga saling memberi ucapan, bahkan tetesan air mata nampak diwajah para aparat kepolisian ini yang tak dapat bersama keluarga mereka menyambut tahun baru karena tugas.

Pengamanan ini juga melibatkan satuan Brimob, Water Cannon dan K9 diterjunkan Polda Sulawesi Selatan mem back up Polres Tana Toraja mengamankan kegiatan ini.

Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Tana Toraja dan Toraja Utara juga disiagakan di posko induk pengamanan malam pergantian tahun ini.

[mashshare]

Tags: , ,