Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dengan Penajam Paser Utara hampir 100% rampung. Pembangunan jembatan ini tentunya menjadi perhatian serius Pemerintah pusat, pasalnya jembatan sepanjang 804 meter ini akan menjadi penghubung ke Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Siapapun yang terlibat dalam pembangunan jembatan ini patut berbangga, termaksud “insinyur” muda asal Toraja, Gusni Bontong.

Perempuan dengan senyum manis kelahiran Tana Toraja, 7 Agustus 1994 ini, menceritakan kepada @Infotoraja awal mula keterlibatannya dalam pembangunan jembatan penghubung IKN.

“mulai akhir Juli 2017, sebelumnya saya malah tidak tahu kalau jembatan pulau Balang akan jadi penghubung ke IKN. Tapi waktu selesai kuliah di UKIP Makassar, ada tawaran dari senior untuk kerja di proyek jembatan, ya langsung setuju saja daripada bingung mau cari kerja lagi”, cerita Gusni saat dihubungi Infotoraja pada Selasa (30/3/2021).

Gusni memiliki peran yang cukup penting dalam pembangunan jembatan ini, yaitu sebagai quality enginer. Lulusan SMA Negeri 1 Rantepao ini harus memastikan kualitas bahan, metode kerja dan hasil pekerjaan sesuai spesifikasi.

“jangan terkecoh dengan senyumannya ya… kalau di lapangan beliau tangguh banget loh! Awasi stressing tendon naik ke atas pylon dan turun ke kolong deck, lembur dari sore sampai pagi awasi kualitas beton untuk pengecoran dan tentunya tegas untuk menegur dan menolak pekerjaan yang tidak sesuai prosedur dan spesifikasi”, tulis admin @jembatan_pulau_balang, menceritakan aktivitas Gusni.

Bekerja dalam proyek pembangunan jembatan terpanjang kedua di Indonesia ini menjadi tantangan tersendiri bagi Gusni.

“Dukanya, kerja di pulau tidak ada penghuni dan tidak ada signal kak, ini juga termaksud pekerjaan baru buat saya, apalagi proyek besar, jadi ada tantangan tersendiri dan banyak belajar juga”, tutur Gusni menceritakan sedikit pengalaman suka dukanya.

Adapun pembangunan jembatan pulau Balang dimulai pada tahun 2015, kemudian pada tahun 2019 Presiden Jokowi mengumumkan IKN baru di Kalimantan Timur yang mencakup sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

#infotoraja

[mashshare]

Tags: , , , , , ,