INFOTORAJA.COM, TALLUNGLIPU -Sebagai bentuk upaya pencegahan ikan berformalin beredar jelang perayaan Natal dan tahun baru Pemkab Toraja Utara melaksanakan sidak ikan yang diduga mengandung formalin di Pasar Bolu, Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara, Sabtu (02/12/2017) kemarin

Rilis Dinas Informasi dan Komunikasi Toraja Utara kepada InfoToraja.Com, dari sekitar 68 sampel yang diambil termasuk ikan kering dan ikan basah dengan berbagai jenis, tidak satupun sampel yang positif berformalin.

“Untuk saat ini ikan yang ada di pasaran yang kita sidak aman untuk dikonsumsi tetapi kedepannya akan rutin kita laksanakan sidak seperti ini,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Toraja Utara, Barnetje S Toban.

Barnetje S Toban, menambahkan operasi serupa kita akan lebih intensifkan lagi di beberapa titik masuk bahan pangan ke Toraja Utara.

Hasil nihil ini didapatkan dengan menurunkan puluhan personel gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Perdagangan, Satpol PP, Lurah dan beberapa instansi terkait.

operasi ikan formalin di pasar bolu Toraja Utara

Sidak ini dilaksanakan sekitar pukul 05.00 WITA yang berfokus di tempat penjualan ikan yang berada di sepanjang pasar hewan dan blok D pasar bolu.

“Sidak ini adalah upaya bersama untuk memerangi makanan yang mengandung formalin yang ada di Toraja Utara”, tambah Barnetje S Toban.

 

Tags: , , , , ,