INFOTORAJA.COM, RANTEPAO – Gelaran Lovely December in Toraja tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan terus dilakukan panitia demi suksesnya kegiatan ini.

Salah satunya persipan sendratari untuk pembukaan Lovely December 2017 yang akan dilaksanakan di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara pada Sabtu, 9 Desember 2017.

Pada Kamis (30/11/2017) dan Sabtu (2/12/2017) kemarin, bertempat di halaman gedung Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Rantepao, Toraja Utara, tim InfoToraja.com berkesempatan menyaksikan langsung latihan persiapan sendratari yang disutradarai oleh Belo Tarran.

“sendratari ini diberi judul Arrang di Batu, diangkat dari mitologi Toraja yang bercerita tentang sejarah terciptanya Toraja dan akan dibawakan dalam bentuk lakon teatrikal” – cerita Belo Tarran pada InfoToraja.com

Menurut Mitologi Toraja, dulunya langit dan bumi masih bersatu, lalu ketika keduanya berpisah lahirlah tiga dewa, yaitu Pongtulak Padang yang berdiam di bawah Tanah, Banggairante berdiam di daratan dan Gaun Tikembong yang berdiam di langit.

Gaun Tikembong yang digelar Puang Ambo-amboan mengambil rusuknya dan menjadikannya dewa bernama Usuk Sangbamban yang digelar puang Bassi-bassian.

Usuk Sangbamban kemudian menikah dengan Simbolong manik dan lahirlah Puang Matua.

Kemudian diceritkan Puang Matua mencari jodoh dan menemukan cahaya yang muncul dari batu. Ternyata di dalam batu tersebut ada perempuan yang kemudian dinamainya: Arrang di Batu, yang artinya Cahaya dari Batu.

Saat dilamar, Arrang di Batu meminta piong sanglampa (1 batang piong/makanan khas Toraja yang dimasak dalam bambu). Setelah piong tersedia, keluarlah Arrang di Batu dan menikah dengan Puang Matua, namun mereka tidak memiliki anak.

Arrang di Batu meminta Puang Matua untuk mencari satu bakul emas murni. Setelah didapat, emas murni itu dimasukkan dalam Puputan Kembar (Sauan Sibarrung) dan tertempalah 8 nenek moyang unsur alam, salah satunya adalah Manusia yang dinamakan Datu Laukku yang menjadi nenek moyang manusia yang kepadanya diberikan Aluk.

Penasaran bagaimana kisah ini diceritakan dalam bentuk teatrikal? Ayo datang di pembukaan Lovely December tanggal 9 desember 2017 nanti.

baca juga : Target Pecahkan Rekor MURI, Ini Tinggi Pohon Natal Bambu di Toraja.

[mashshare]

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,