INFOTORAJA.COM, RANTELEMO – Guru yang bertugas di Tana Toraja diperintahkan untuk mengajarkan anak muridnya tentang pendidikan kearifan lokal.

“Saya sementara mengkaji untuk merumuskan pola pendidikan dengan pendekatan kearifan lokal, untuk menciptakan anak bangsa yang cerdas di Tana Toraja, dan saya perintahkan seluruh guru akan gunakan konsep ini” ujar Bupati Tana Toraja, Nikodemus Biringkanae, saat Puncak perayaan HUT PGRI Ke-72 & Hari Guru Nasional, di lapangan Rantelemo, Tana Toraja, Senin (27/11/2017) pagi.

Bagi mantan Kepala Dinas UKM dan Koperasi Sulawesi Selatan ini memandang pendidikan kearifan lokal saat ini sangat dibutuhkan bagi genarasi penerus Toraja.

Kegiatan ini di awali dengan carnaval mobil hias dari 19 cabang PGRI yang ada di Tana Toraja, yang menampilkan kearifan lokal yang menarik dan meriah.

“Saya terperangah tadi melihat rombongan karnaval mobil hias menampilkan tagline-nya masing-masing, dan hal ini merumuskan suatu pola pendidikan dengan pendekatan kearifan lokal.” ungkap Nicodemus Biringkanae.

Dalam kesempatan itu pula, Ayah kandung Ketua KNPI Tana Toraja ini memotong tumpeng bernuansa Toraja yang dipadukan dengan makanan tradisional Toraja yaitu pokon, sebagai tanda ungkapan syukur di Hari Guru ini.

Penulis :  Admadi Balloara Dase
Editor    : Yultin Rante

[mashshare]

Tags: , , , , , ,