TORAJA–Mayarakat dan mahasiswa Simbuang-Mappak audiensi dengan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko di Makale, Tana Toraja, Selasa (30/5/2023).

Mereka mengadukan soal kondisi jalan rusak di wilayah pelosok Tana Toraja tersebut.

Usai audiensi, Moeldoko minta Pemkab Tana Toraja segera usulkan proposal perbaikan jalan Simbuang-Mappak ke Kementerian PUPR.

Moeldoko bahkan berjanji akan mengawal proposal tersebut di Kementerian PUPR.

“Kalau memang wilayah itu punya kriteria khusus silahkan Pemkab membuat proposal dan diberikan ke Kementerian PUPR, kita akan kawal,” jelas Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu mengungkapkan, penanganan jalan Kabupaten atau Provinsi bisa diambil alih pemerintah pusat.

Itu kata dia, tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023, tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah.

Apalagi, jalan rusak tersebut merupakan sentra perkonomian masyarakat yang mendukung pengantaran logistik, hasil bumi pertanian dan perkebunan.

“Kalau wilayah yang memiliki kriteria khusus, itu bisa diajukan ke pusat. Makanya Pemkab segera menyusun proposal. Kami akan tindak lanjuti kalau sudah diajukan,” ungkapnya.

Dia juga berterima kasih kepada mahasiswa yang sudah memperjuangkan keluhan masyarakat yang berada di pelosok.

Namun, dirinya tidak terlalu mau mencampuri alasan Pemkab Tana Toraja tidak memperbaiki jalan rusak tersebut.

“Saya tidak mau komen kenapa Pemkab tidak merealisasikan perbaikan jalan di sana,” ujarnya.

“Tapi yang pastinya kita akan atensi, terima kasih kepada mahasiswa sudah menyuarakan keluhan masyarakat yang ada di pelosok,” pungkasnya.

Sementara, audiensi itu turut dihadiri Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg.

Zadrak mengutarakan, Pemkab Tana Toraja akan segera mengajukan proposal di Kementerian PUPR untuk perbaikan jalan di Kecamatan Simbuang dan Mappak sesuai perintah Moeldoko.

“Tugas Pemkab sekarang untuk mengusulkan segera ke Kementerian PUPR melalui Inpres No 3 tahun 2023 tadi itu, dengan kriteria yang sudah kita pahami bersama,” jelasnya terpisah.

tompaseru

Tags: , , ,