Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Ir. Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja ke Toraja Utara pada Sabtu (19/6/2021).

Tiba di Bandara Toraja, Mengkendek, Tana Toraja, rombongan kementerian disambut langsung Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong dan Dandim Tana Toraja

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Toraja Utara untuk meninjau Balai Benih Ikan di Kantor Dinas Perikanan Toraja Utara.

Kehadiran Menteri dan rombongan disambut Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang.

Dalam sambutannya, Bupati Toraja Utara mengungkapkan rasa syukur atas kunjungan Menteri KPP ke Toraja Utara.

“Suatu kehormatan bagi kami, bapak Menteri dapat melihat kondisi ril Toraja Utara,” ucap Yohanis Bassang

Bassang beraharap perikanan menjadi potensi PAD yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kondisi Kolam-kolam kami mungkin akan mendapat sentuhan untuk direhab, dan bapak menteri sudah mengatakan siap, tempat ini sebagai tempat pesemaian ikan yang tentu akan membuat masyarakat akan lebih semangat untuk mengembangkan ikan dan hasilnya dapat dibagi kepada seluruh masyarakat, yang intinya sebagai salah satu potensi PAD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Bupati Torut.

Sementara itu, Menteri KKP mengungkapkan kekagumannya pada Toraja Utara.

“Toraja Utara adalah karunia dari Tuhan yang di dalamnya ada unsur-unsur adat yang masih lestari, tingkat kesejahteraan masyarakat bagus karena didukung alam yang mengandung nilai ekonomi tinggi untuk pariwisata,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, KKP memberikan bantuan benih ikan nila sebanyak 500 000 ekor calon induk dari BBI air tawar Tatelu Manado kepada 10 kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Toraja Utara.

Menteri Sakti Wahyu Trenggono berharap bantuan yang diserahkan dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kiranya ikan yang kecil-kecil ini bisa menjadi trikers, bila budidayanya berhasil, maka masyarakat akan mulai suka makan ikan, sebagai sumber protein Omega 3 untuk pertumbuhan otak. Saat ini kita akan membantu sejumlah besar bibit ikan nila dari balai, kiranya dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terang Menteri yang sebelumnya menjadi wakil Prabowo di Kementerian Pertahanan.

Usai membagikan benih, Menteri dan rombongan bergerak ke Sa’dan menghadiri upacara pemakaman orang tua rekannya.

[mashshare]

Tags: , , ,