INFOTORAJA.COM, RANTEPAO – Moment Lovely December In Toraja 2017 menjadi sebuah catatan sejarah yang tidak akan dilupakan oleh masyarakat Toraja.

Dalam event yang berlangsung di lapangan bakti Rantepao, Toraja Utara, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL), pamitan jelang akhir masa jabatannya, Kamis (28/11/2017) siang.

“Tiga bulan lagi, saya akan mengakhiri jabatan selaku Gubernur SulSel, dan moment Lovely December menjadi tanda mata saya kepada orang Toraja,” ujar Syahrul Yasin Limpo, dalam pidatonya yang dikawal Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, serta Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang.

Mantan Bupati Gowa dua periode ini juga menyampaikan Toraja adalah surganya pulau Sulawesi, dengan sikap masyarakatnya yang toleransi dan menghargai aturan serta sesamanya.

“10 tahun saya menahkodai SulSel, dan Toraja telah memberikan catatan manis bagi diri saya, dan Syahrul tetap orang Toraja meski bukan lagi Gubernur,” ungkap SYL.

Dalam pamitan SYL ini, ditampilkan tarian Pa’gellu oleh 200 penari dari gabungan pelajar Toraja, juga tak ketinggalan parade budaya Toraja beserta tiga etnis yakni Bugis, Makassar, dan Luwu.

Karnaval dari kerbau khas Toraja yang harganya ratusan juta hingga miliaran rupiah juga tampil dihadapan orang nomor satu di Pemprov SulSel.

Lovely December berlangsung untuk kesepuluhkalinya setelah digagas oleh Syahrul Yasin Limpo, tahun 2008 lalu atau saat tahun pertama menjabat Gubernur SulSel bersama Wakil Gubernur SulSel Agus Arifin Nu’mang.

“Terima kasih buat masyarakat Toraja, jaga ki dan lanjutkan Lovely December, dan saya tahu Pak Bupati serta Pak Wakil Bupati adalah pemimpin yang cerdas, Kurrre sumanga’,” tambah Gubernur terbaik di Indonesia tahun oleh Kementrian Dalam Negeri.

Dalam catatan InfoToraja.Com, SYL saat bertarung dalam Pilgub 2008 dan 2013, dukungan perolehan suara terbanyak berasal dari dua Kabupatem yang ada di Toraja.

[mashshare]

Tags: ,