INFOTORAJA.COM, DENPINA – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di lima Kecamatan di Toraja Utara dilaksanakan serempak pada hari Senin, (12/02/2018) dan akan berlangsung hingga Senin mendatang (19/02/2018). Salah satunya di Kecamatan Denpina.

Turut hadir dalam rapat Musrenbang Kecamatan Denpina, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, Anggota DPRD Toraja Utara, Kodim 1414, Kapolsek Denpina – Sopai, Camat Denpina Y. T. Rammang, Kepala Bidang Ekonomi Irmawati P., para Kepala Lembang, Lurah, jajaran SKPD Toraja Utara, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pemuda.

Camat Denpina dalam sambutannya menyampaikan bahwa musrenbang yang sudah dilaksanakan pada tingkat Lembang pada saat ini sudah dirampungkan usulan-usulan yang disepakati ditiap-tiap lurah dan lembang di tahun lalu, dimana saat itu sudah direkap dan akan dibahas pada musrenbang kecamatan kali ini.

“Jadi harapan kami bahwa usulan-usulan kami yang ini dapat menjadi prioritas untuk dapat dilanjutkan ketingkat Kabupaten dan DPRD Toraja Utara,” ungkap Y. T. Rammang.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda, Irmawati P bahwa tahun-tahun kemarin pelaksanaan musrenbang di tingkat Kecamatan di seluruh Toraja Utara di bawah Bappeda tapi tahun ini semuanya akan berperan aktif di dalamnya.

“Selanjutnya yang ingin kami sampaikan untuk tahun 2018 ialah RKPBD, di dalam RKPB kita tahun 2018 dari 2122 usulan yang terakomodir di dalam RKPBD 2018 atau yang sudah tertuang di dalam APBD 2018 adalah 1066 usulan. Jadi, sekitar 50% dari usulan musrenbang akan kita laksanakan di tahun 2018 ini,” ungkap Irmawati.

Irmawati menambahkan bahwa prioritas usulan akan disesuakin dengan kemampuan keuangan daerah.

“Semua usulan kita dari lembang dan lurah akan jadi proiritas tapi tetap kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah kita, kemudian juga ada proiritas dalam RKPBD kita yang harus kita ikuti,” tambahnya.

Selain itu, Bupati Toraja Utara yang juga hadir dalam musrenbang di Kecamatan Denpina ini mengungkapkan bahwa musrenbang ialah tahapan manejemen yang disebut sebagai tahap perencanaan yang nantinya masuk ke dalam pengawasan di DPR dan Kementerian.

“Jika kita salah dalam perencanaannya, pasti akan salah dalam pelaksanaan, pencapaian dan tujuannya. Saya juga minta kepada Bappeda yang diwakili oleh Kepala Bidangnya agar bisa membuat urutan-urutan dari sebuah pekerjan-pekerjaan yang sudah dilakukan ditingkat lembang dan lurah,” ungkap Kalatiku Paembonan.

Kalatiku juga menekankan agar sektor pertanian menjadi perhatian di tingkat lurah dan lembang.

“Selain itu, kita juga membutuhkan partisipasi rakyat mengenai pertanian. Jadi, sektor pertanian ini harus kita perhatikan juga. Salah satunya ialah menyiapkan bibit-bibit di tingkat lurah dan lembang,” imbuhnya.

Musrenbang di Kecamatan Denpina ini memprioritaskan bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan infrastruktur.

Author : Swita Turalaki
Photo : Amos Rapang
Editor : LPID Diskominfo Toraja Utara

Tags: , , , , , ,