INFOTORAJA.COM, RANTEPAO – Sabtu, 31 Maret kemarin tepat dua tahun Kalatiku Paembonan dan Yosia Rinto Kadang (Kaboro) memimpin Toraja Utara. Lalu, seperti apa tanggapan netizen terkait dua tahun kepemimpinan Kaboro?

InfoToraja coba melakukan survey dalam kurun waktu 24 jam dengan memanfaatkan fitur jajak pendapat instastory instagram yang dimulai siang kemarin. 68% dari 806 koresponden pengikut InfoToraja yang didominasi anak muda, menganggap Toraja Utara belum ada perubahan dan Kaboro belum mewujudkan janji-janji kampanyenya. Sementara 32% lainnya menilai sudah ada perubahan.

Survey 2 tahun Kaboro

Survey 2 tahun Kaboro di Instastory @InfoToraja.

Selain melalui fitur instastory Instagram, InfoToraja juga menanyakan langsung tanggapan netizen melalui kolom komentar di Facebook dan Instagram. Dari pantauan InfoToraja hingga berita ini ditulis, mayoritas netizen juga memberikan respon tidak puas pada kinerja Kaboro’.

Salah satunya Ika Wahyuni yang menyoroti masalah perekrutan sebanyak lebih dari 4.000 pegawai honorer tetap (PHT).

“Perubahan 2 thn : Tenaga kerja byk yg direktrut, adalah PHT sebanyak 4.000 lebih.
Mohon direview apakah PHT yg diangkat sbyk itu tdk akan menjdkan beban pemerintah daerah , karena PAD yg ada tdk cukup untuk menggaji PHT akhirnya terjadilah pasikokang-kokang dana.

Jika tdk cepat diatasi berakibat fatal.
PNS tdk akan berkegiatan , dana pd dipangkas. Apalagi efisiensi pasti terjadi lg thn ini, tahun 2017 sj sebanyak 9 M , Dau tdk dikucurkan ke kab.

Apakah akan terjadi seperti di thn 2017 apabila OPD berkegiatan SPM tdk bs dicairkan dgn dasar uang habis, lalu menyebrang di tahun 2018 untuk dibayar, bayarnyapun hrs bertahap.
Apakah kondisi ini akan berlangsung terus…..????? Sampai kapan ada perubahan kearah yg lebih baik.
Karena tdklah mungkin OPD berkegiatan di thn yg bersangkutan kemudian dibayar pakai dana tahun berikutnya. Setiap tahunkah akan terjadi pembayaran kegiatan menyebrang tahun.

Mohon maaf kalau sedikit keras comentnya.
Karena prinsipnya siapa lg yg mau dtg bangun kampung kalau bukan kita.”
– Tulis Ika.

Berbeda dengan Ika, Rian Paerunan menilai sudah ada perubahan dalam dua tahun Kaboro memimpin Toraja Utara.

“Ada tawwa perubhan. Pajak mningkat. Kios2 yang dulu ngak dipajak skrang semuanya dapt kena pajak”
– Tulis Rian Paerunan

Meski menimbulkan pro kontra, netizen Ray Poray yang juga menilai belum ada perubahan tetap memberikan tanggapannya dengan bijak .

“Harusnya ini jadi kritikan yang membangun buat pemimpin dan pejabat Torut saat ini supaya lebih baik. Karena saat ini memang belum ada perubahan yang signifikan yg kita lihat selama Beliau beliau menjabat. Salama…”
– Tulis Ray Poray Leny

Seperti yang kita ketahui, dalam kampanyenya dua tahun lalu, Kaboro memiliki visi “Mekar Untuk Sejahtera” dengan tagline “Saatnya Berubah” yang kerap dijual pada media atau alat peraga kampanye. (*lihat visi misi kaboro –> di sini)

Selain itu, Kalatiku juga pernah berucap siap mundur jika dalam dua tahun tidak bisa mewujudkan janjinya pada masyarakat.

“Bila janji dan komitmen kemasyarakat dua tahun tidak terwujud, Kaboro siap mundur, jika terpilih kelak,”
– Ucap Kalatiku Paembonan, dikutip dari beritakotamakassar.fajar.co.id/berita/2015/10/28/kaboro-siap-mundur-jika-dua-tahun-torut-tak-berubah/

Seperti kata pepatah, “murah di mulut, mahal di timbangan”. Meski pernah terucap, namun janji hanyalah janji. Kini masyarakat Toraja Utara hanya bisa berharap pada Kaboro, semoga di sisa tiga tahun masa jabatannya perubahan itu benar-benar nyata!

***

Untuk melihat secara langsung komentar netizen menanggapi dua tahun Kaboro’, silakan klik gambar atau link di bawah ini.

Jajak Pendapat di Facebook

(klik untuk melihat)

Jajak Pendapat di Instagram

(klik untuk melihat)

[mashshare]

Tags: , , , ,