INFOTORAJA.COM, JAKARTA – Adlina Nadhila Maharani (22) yang mewakili Sulawesi Selatan di pemilihan Puteri Indonesia 2018 akhirnya meraih predikat Puteri Indonesia Busana Tradisional Terbaik 2018 pada puncak pemilihan Puteri Indonesia yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (9/3/2018) malam.

Busana Tradisional yang digunakan Nadhila mengalahkan Busana yang dikenakan wakil Bangka Belitung dan Sumatera Selatan yang juga masuk dalam jajaran tiga busana terbaik.

Baca JugaAngkat Tema Toraja, Sulsel Masuk Top 3 Best Traditional Costume Pemilihan Puteri Indonesia 2018

“Busana yang saya kenakan pada malam bakat kemarin bertemakan Mangrara banua Tongkonan ( Pentabisan rumah Toraja / Syukuran). Tongkonan merupakan pemersatu bagi masyarakat Toraja. Tongkonan juga merupakan tempat bermusyawarah, bermufakat untuk melakukan upacara rambu solo dan rambu tuka.”, cerita Nadhila melalui akun instagram miliknya.

Busana yang saya kenakan pada malam bakat kemarin bertemakan Mangrara banua Tongkonan ( Pentabisan rumah toraja / Syukuran). Tongkonan toraja terdiri dari tongkonan layuk, dimana memiliki pekamberan / kaparengesan (pemangku adat) membuat dan menjalankan aturan-aturan adat atau yg disebut pemali dalam bahasa toraja, rumah toraja berbentuk perahu terbalik mengarah ke utara dan selatan, kemudian diukir dan memiliki 4 warna ukiran yaitu, merah = berani, putih = kesucian kuning = keagungan dan hitam = kedukaan Tongkonan merupakan pemersatu bagi masyarakat toraja. Tongkonan merupakan tempat bermusyawarah, bermufakat untuk melakukan upacara rambu solo dan rambu tuka. Terimakasih banyak saya ucapkan kepada kak Lewi karena atas kesabaran, ketekunan dan kreatifitas yang tinggi akhirnya saya dapat menggunakan baju ini. Traditional costume by : @lewibridal4419 . . . #mustikaratu #indonesiainspirasiku #puteriindonesia2018 #puteriindonesia #puteriindonesiasulsel #ewakosulsel

A post shared by Nadhila Maharani (@nadhilamaharani) on

Busana bertemakan Mangrara banua Tongkonan ini merupakan hasil karya Lewi Tikupadang, melalui akun instragramnya, Nadhila mengucapkan terima kasih pada desainer yang telah membantunya meraih predikat Puteri Indonesia Busana Tradisional Terbaik 2018.

“Terimakasih banyak saya ucapkan kepada kak Lewi karena atas kesabaran, ketekunan dan kreatifitas yang tinggi akhirnya saya dapat menggunakan baju ini.”, tambah Nadhila.

Adapun mahkota Puteri Indonesia 2018 diberikan kepada Sonia Fergina (25) asal Bangka Belitung.

[mashshare]

Tags: , , , ,