INFOTORAJA.COM, RANTEPAO – Kabar bahagia menyambut masyarakat Toraja di awal tahun 2018, salah satu film layar lebar yang pengambilan gambarnya dilakukan di Toraja akan tayang pada tahun ini.

Film bergenre horor karya sutradara Ekadi Katili dijadwalkan tayang di bioskop pada September, 2018.

“Film ini akan hadir di bioskop di seluruh Indonesia dan siap tayang di bulan September 2018”. ungkap Ekadi Katili.

Film TOMATE : Walking Dead’ mengangkat tentang budaya luhur Toraja yang sangat menghormati orang tua bahkan saat mereka telah tiada. Selain mempromosikan Toraja dari segi budaya dan wisata, film ini juga ingin menyampaikan pesan moral terkait maraknya pencurian benda-benda pusaka Toraja.

Putri pariwisata Toraja, Deby Astuti sebagai pemeran pendamping utama dalam film Tomate yang memerankan karakter Limbong Bulan.

Putri pariwisata Toraja, Deby Astuti sebagai pemeran pendamping utama dalam film Tomate yang memerankan karakter Limbong Bulan.

Pengambilan gambar yang hampir sepenuhnya dilakukan di Toraja sudah selesai pada desember kemarin dan saat ini sudah masuk dalam tahap editing.

Belo Tarran mendampingi Sutradara film Tomate, Ekadi Katili saat proses syuting.

Dalam beberapa kesempatan tim InfoToraja.com mendampingi proses pembuatan film ini, kami melihat bahwa film ini mendapat dukungan dan perhatian yang serius dari pemerintah, sineas serta seniman lokal Toraja. Selain itu, para pemeran di film ini juga didominasi oleh putra-putri Toraja.

Tentunya ini menjadi modal tambahan untuk membangkitkan Toraja menuju industri film nasional seiring dengan langkah awal yang telah digagas Toraja Film Festival (TFF) pertengahan tahun kemarin.

“Selaku pelaku film dan pemerhati Film Toraja, saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakar Toraja baik yang ada di Toraja maupun yang ada di perantauan untuk mendukung sepenuhnya film ini dengan cara cukup datang menonton dibioskop terdekat di kota anda.” ajak Presiden Toraja Film Festival Belo Tarran melalui dinding facebooknya.

Frans Pongsamma' (topi putih), seniman Toraja yang ikut berperan dan menampingi tim film Tomate selama syuting di Toraja.

Frans Pongsamma’ (topi putih), seniman Toraja yang ikut berperan dan menampingi tim film Tomate selama syuting di Toraja.

Mari doakan, semoga proses final editing film ini berjalan dengan lancar hingga dapat tayang sesuai jadwal. Seiring dengan harapan kita bersama, semoga film ini bisa semakin menggaungkan nama Toraja sehingga ‘tana matari’ allo’ tondok lepongan bulan’ ini semakin diperhitungkan di dunia perfilman.

[mashshare]

Tags: , , , , , , , ,