INFOTORAJA.COM, RANTEPAO – Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui kantor cabangnya di Rantepao, Toraja Utara, memberikan bantuan bagi peningkatan pariwisata di Toraja, khususnya di kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

“Oleh Pimpinan pusat, menunjuk objek wisata Ke’te Kesu sebagai Teras BRI Nusantara,” ujar Kepala Cabang BRI Rantepao, Andarias Pagayang, dalam rilis persnya, Rabu (27/12/2017) siang.

Objek wisata Ke’te Kesu sebagai Teras BRI Nusantara diberikan bantuan senilai Rp. 310 Juta, yang telah diberikan secara simbolis mewakili BRI yaitu Wakil Pemimpin wilayah BRI Makassar Darwaji diserahkan kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan diteruskan kepada Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, disaksikan Pemimpin cabang BRI Rantepao Andarias Pagayang pada perayaan Natal Oikumene Lovely December in Toraja, Rabu (27/12/2017) lalu.

“Destinasi wisata ini merupakan salah satu destinasi pariwisata masyarakat Indonesia karena keindahan pemandangan dan rumah adat Toraja atau disebut Tongkonan yang terjaga keasriannya,” ungkap Andarias Pagayang.

Penunjuk arah menuju objek wisata andalan Toraja Utara ini dibuatkan oleh BRI, serta pembuatan gapura bate’, nama kios dan parkiran yang dirapikan pada objek wisata ini.

Selain itu, bank milik Pemerintah ini juga membantu semua para pedagang souvenir yang ada di Ke’te Kesu dengan peralatan dan mereka juga diberikan pendidikan dan pelatihan utk mendorong partisipasi masyarakat mengelola potensi menuju kemandirian yang dilakukan berdasarkan pengembangan potensi daerah utk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat selain itu juga diharapkan dapat menumbuhkan embrio bisnis bagi Bank BRI dengan menciptakan calon-calon nasabahnya yang potensial.

Sementara bantuan ini disambut gembira oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Ketua Yayasan Ke’te Kesu Layuk Sarungallo dimana berkat bantuan BRI, Ke’te Kesu menjadi lebih rapi dan lebih indah.

“Karena berkat kerjasama dari berbagai pihak dan salah satunya adalah BRI, Ke’te Kesu akan menjadi semakin siap menjadi destinasi pariwisata pilihan bagi masyarakat nusantara maupun mancanegara,” kata Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan.

Destinasi wisata Ke’te Kesu ini juga merupakan objek wisata terbaik kedua di Indonesia sebagai Kampung Tradisional tahun 2017 oleh Kementrian Pariwisata RI.

“BRI telah membuktikan komitmennya khususnya dalam membangun pariwisata Toraja atas nama Pemkab dan masyarakat Toraja Utara, saya sampaikan terima kasih dan BRI akan berkembang makin maju di Toraja”, tambah Kalatiku Paembonan.

[mashshare]

Tags: , , , , ,