INFOTORAJA.COM, RANTEPAO – Festival Sendratari Pada Lovely December In Toraja 2017 berlangsung meriah, di lapangan bakti Rantepao, Toraja Utara, Kamis (21/12/2017) malam.

Festival yang pertama kali diadakan tahun ini dibuka Plt. Sekertaris Daerah Toraja Utara Rede Roni, serta diikuti tujuh sanggar tari.

“Festival ini akan kita lihat cerita dongeng Toraja yang dipadukan dengan tari dan musik, tentu ini sesuatu yang baru dan harus terus dikembangkan,” ujar Rede Roni, dalam sambutannya.

Rede Roni Membuka Festival Sendratari Lovely December 2017

Plt. Sekertaris Daerah Toraja Utara Rede Roni Membuka Festival Sendratari Lovely December 2017

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB sampai selesai ini terbuka untuk umum dan gratis.

Ketujuh sanggar tari ini bukan hanya dikalangan mahasiswa, juga tampak diikuti pelajar dari SMP.

“Festival Sendratari ini telah menjadi bagian dan situs budaya di ToraJa yang tidak bisa dihilangkan, kegiatan ini telah menjadi bagian terpenting dari nadi kehidupan budaya di Toraja,” ungkap Rede Roni.

Plt. Sekertaris Daerah Toraja Utara ini berharap festival Sendratari mampu meningkatkan apresiasi dan wawasan seni masyarakat terhadap karya tari yang telah digarap berdasarkan hasil kreativitas serta mampu membawa iklim berkesenian yang kondusif, mampu memacu spirit kreatif para penata tari, penari, penata iringan, penata busana di seluruh Toraja.

Festival Sendratari ini diselenggarakan dengan semangat sebuah kompetisi dengan berbagai penghargaan di dalamnya dan jawaranya akan ditampilkan pada puncak Lovely December In Toraja.

Sementara itu salah satu dewan juri, Belo Tarran, memaparkan bahwa untuk tahun pertama ini, Festival Sendratari masih dikhususkan untuk muda mudi di ibu Kota Toraja Utara, Rantepao.

“Selain menjadi ruang masyarakat untuK mengapreasi perkembangan baru dunia tari di Toraja, ajang Festival Sendratari ini juga telah menjadi wahana munculnya generasi baru, lahirnya potensi-potensi baru, penata tari dan penari handal,” kata Belo Tarran, yang juga merupakan Sineas muda Toraja.

Penonton festival ini juga dapat melihat pameran hasil kerajinan dari 21 Kecamatan se Toraja Utara, yang sementara dipamerkan di lokasi acara Lovely December In Toraja 2017.

[mashshare]

Tags: , , , , ,