Tren olahraga lari yang sedang menjamur di masyarakat membuat event kegiatan ini kian ramai di Indonesia. Salah satu event akbar lomba lari bertaraf Internasional yakni Toraja Ultra Scenic Run 2016 akan segera digelar 1-2 Oktober mendatang.

Event lari keempat kalinya yang digelar Consina Outdoor Service (COS) Event bersama IKAT (Ikatan Keluarga Toraja Jabodetabek)  ini akan melombakan lima kategori yakni 27k, 50k, 78k, 102k, dan 165k. Lomba yang tak hanya menjadi salah satu agenda yang diburu para pelari lokal, tapi juga wisatawan ini menawarkan keindahan hamparan panorama alam Tana Toraja yang menjadi salah satu situs warisan budaya dunia (UNESCO).

“Toraja Ultra Scenic Run” merupakan event lari Ultra International yang pertama kali dilaksanakan di Toraja. Dikemas dengan perlombaan lari menyusuri kawasan pedesaan, sawah, perkebunan, hutan, yang kaya akan pesona alam dan budayanya, hingga melintasi jajaran pegunungan yang terkenal dengan nama  “Negeri di atas Awan”, tentu akan memberikan pengalaman tak ternilai bagi seluruh peserta dan partisipan.

Toraja Ultra Scenic Run 2016, Lomba Lari Tawarkan Keindahan Panorama Toraja

Menargetkan diikuti 400 peserta, Toraja Ultra akan menempuh rute jalan utama kota Rantepao saat start di Toraja Misiliana Hotel. Diikuti rute yang memasuki jalan pedesaan yang menawarkan pemandangan rumah adat Toraja (Tongkonan) hingga ke daerah pegunungan Sesean yang memiliki ketinggian 2200 mdpl.

“Disebut Ultra, karena lomba lari ini jaraknya di atas 40 kilometer. Kenapa Scenic? Karena para peserta nantinya akan ditawarkan pemandangan Toraja yang sangat indah yang tak pernah putus,” – Disyon Toba, Ketua Pelaksana lomba saat jumpa pers, Rabu (22/6/2016).

Jangan khawatir soal keamanan peserta saat mengikuti lomba lari jarak jauh ini. Sebab, pihak penyelenggara menjamin keselamatan para peserta dengan membekali racepack (peralatan lomba) serta fasilitas tempat istirahat dan pemandu (Marshal) di beberapa titik.

“Ada jas hujan, emergency blanket, peluit, dan head lamp.  Ada gelang check-poin untuk mengetahui peserta sudah benar melewati setiap pos yang ada atau tidak,” terang Koordinator Lapangan Toraja Ultra, Virgo Dirgantara.

Ia pun menerangkan jika setiap 10 kilometer di arena lintasan terdapat water station, medis, dan toilet. Membuat para perserta tentu tetap akan nyaman mengikuti lomba yang menembus 14 Kecamatan di Toraja ini tanpa harus khawatir soal keselamatan.

Pendaftaran secara online melalui website resmi www.torajaultrascenicrun.com sudah ditutup sejak 24 September kemarin, namun masih terbuka pendaftaran “on the spot” di Misiliana Hotel Toraja Utara bagi peserta yang berminat. Biaya pendaftaran Toraja Ultra berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 1,8 juta tergantung dari kategori lomba yang diikuti.

Selain itu, COS Event pun mengadakan lomba Photo Competition saat gelaran lomba Toraja ultra Scenic Run 2016 nanti. Terdapat tiga kategori lomba yang diperuntukkan untuk umum serta khusus bagi peserta lomba yang akan mendapatkan hadiah menarik persembahan Consina.Toraja Ultra Scenic Run 2016, Lomba Lari Tawarkan Keindahan Panorama Toraja

Mengingat Toraja sebagai Lokomotif pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, maka diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan gairah pengembangan kegiatan pariwisata di seluruh daerah Sulawesi Selatan yang memacu peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

 

[mashshare]

Tags: , , , , , , , ,