Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Fraksi PDI Perjuangan, Dan Pongtasik menggelar sosialisasi nilai-nilai kebangsaan di Lembang Bulian Massa’bu, Kecamatan Sangalla’, Tana Toraja pada Sabtu (11/11/2022) dan di Kelurahan Laang Tanduk, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara pada Minggu (12/11/2022).

Kegiatan yang dihadiri ratusan orang ini dilaksanakan sebagai salah satu tugas anggota dewan dalam menjaga keutuhan NKRI sekaligus memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

“Setelah 70 tahun lebih kita Merdeka ternyata masih ada sekelompok orang yang coba menggerogoti nilai-nilai NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Kebhinekaan”, ucap Dan Pongtasik dalam sambutannya.

Dan Pongtasik menyampaikan bahwa sosialisasi nilai-nilai kebangsaan dengan tema Kepahlawanan ini digelar sebagai salah satu bentuk menjaga keutuhan NKRI dari bahaya intoleransi, radikalisme dan terorisme.

“Seperti yang dikatakan Bung Karno, bahwa di sini banyak golongan agama, di sini banyak suku, di sini banyak latar belakang yang berbeda-beda dan hanya satu hal yang bisa mepersatukan yaitu Pancasila,” terang Dan Pongtasik.

Kegiatan ini menghadirkan Ir. Mathius selaku pegiat LSM selaku pemateri.

“Nilai-nilai kepahlawanan itu menjadi sesuatu yang membangkitkan semangat dan kekuatan bersama untuk mengatasi permasalahan bangsa. Meskipun kita berada di pedalaman, dikampung-kampung terpencil, dengan mengaktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan akan merekatkan kita dengan perjuangan saudara-saudara kita dari berbagai tempat di Indonesia,” kata Ir. Mathias.

Ir. Mathias juga menyampaikan bahwa memaknai nilai kepahlawanan di era milenial memiliki tantangan tersendiri, khususnya dalam menjaga keutuhan NKRI yang mulai menjadi sebuah ancaman apabila kita sebagai warga negara Indonesia tidak saling menjaga khususnya terkait isu hoax, ujaran kebencian dan SARA.

“Terutama saat menjelang pemilu isu-isu tersebut banyak berseliweran di sosial media sehingga apabila terus dibiarkan seperti itu maka akan mudah terjadi perpecahan sesama anka bangsa,” pungkasnya.

Tags: , , , , ,