Jika berkunjung ke Toraja, jangan lupa meluangkan sedikit waktu dan uang saku kamu untuk membeli kopi asli Toraja.  Kopi dari Sulawesi ini memiliki aroma yang kaya, tingkat keasaman yang seimbang (agak sedikit lebih kuat dari kopi Sumatra) dan memiliki ciri yang multidimensional.

Kopi Toraja memiliki ciri warna coklat tua. Kopi ini cocok untuk digoreng hingga warnanya gelap. Karena proses produksinya, kopi ini dapat mengering secara tidak teratur. Walau demikian biji yang bentuknya tidak teratur ini dapat memperkaya rasanya.

Kopi Toraja bisa kamu beli di pasar sekitar Rantepao dan Makale. Ada dua varietas kopi Toraja yang bisa kamu pilih, yaitu arabica dan/atau robusta. Selain dalam bentuk bubuk siap seduh, beberapa penjual kopi juga menyediakan kopi Toraja yang masih dalam bentuk biji.

Distributor Kopi Toraja

Photo from cikopi.com

Ohy, pada tahun 2012, salah satu jenis kopi Toraja, yaitu kopi Toraja Sapan telah berhasil memecahkan rekor sebagai KOPI TERMAHAL yang pernah dijual lelang. Saat itu harga kopi Toraja Sapan Spesialti harganya US$ 45 per kg, saat itu harga kopi rata-rata hanya US$ 6-8 kg per kg.

Kopi Toraja juga bisa dibeli secara online melalui distributor kopi Toraja yang melayani pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga mancanegara.

[mashshare]

Tags: , , , , , ,